Cool Blue Outer Glow Pointer
Rabu, 10 September 2014

Manfaat Internet dan Intranet


Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu saja dan dengan komponen tertentu pula. Tetapi saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dari jarigan telepon. Penggunaan internet telah masuk dalam semua aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, keagamaan, bahkan huburan.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan internet di beberapa bidang :

1. Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (E-Library) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online. Selain itu kita dapat mendownload buku-buku sekolah elektronik (BSE) yang disediakan gratis oleh pemerintah.

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Di bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce. Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet tanpa harus bepergian. Contohnya, bila kalian ingin membeli buku referensi atau buku teks pelajaran, kalian tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke toko bukunya. Sekarang ada toko online yang bisa kalian kunjungi di internet selama 24 Jam penuh.

3. Bidang Pemerintahan

Di bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-goverment. Dengan adanya e-govermment, pemerintah dapat dengan mmudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal, dan juga dapat digunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antar negara.

4. Bidang Sosial

Internet dibidang sosial dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai beberapa macam kegiatan sosial yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana untuk kegiatan sosial.

5. Bidang Keagamaan

Internet dalam bidang keagamaan dapat digunakan untuk sarana diskusi, tanya jawab masalah agama, berbagi ilmu agama, dan sebagainya.

6. Sarana Bersosialisasi

Pengguna internet dapat menjalani komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui fasilitas e-mail, chatting melalui berbagai situs yang ada seperti Twitter, Facebook, Frindster, dan sebagainya.


Sumber : Lembar Kerja Siswa Kelas IX SMP
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar